Informasi dan Petunjuk Penggunaan LISS

Silakan klik link pertanyaan berikut ini:

  1. Bagaimana agar dapat menggunakan layanan LISS ini?
  2. Bagaimana mengetahui kode Supplier saya di Suzuya?
  3. Apa saja isi menu yang ada dalam LISS ini?
  4. Bagaimana kalau saya lupa UserName atau Password?
  5. Mengapa akun saya diblokir? Bagaimana solusinya?
  6. Saya menggunakan brower Internet Explorer, kenapa tampilan menunya berantakan dan tidak rapi?
  7. Saat proses pencarian data pembayaran, muncul error 'Timeout' atau error lainnya. Bagaimana solusinya?
  8. Kapan data diupdate? Kenapa data yang sebelumnya ada tiba-tiba menghilang?
  9. Bagaimana cara melakukan pencarian data pembayaran?
  10. Bagaimana cara membaca Penomoran/Kodefikasi dokumen pembayaran atau Contoh AP Payment?
  11. Apa maksudnya TITIP atau GABUNG BAYAR?
  12. Bagaimana cara melakukan pencarian data PO Online?
  1. Bagaimana agar dapat menggunakan layanan LISS ini?
  2. Untuk menggunakan layanan LISS ini Anda harus mempunyai UserName dan Password yang bisa Anda dapatkan melalui pendaftaran ( Gratis ) di Bagian MD/Buyer kami di kantor pusat atau toko kami yang terdekat. Form pendaftaran juga tersedia di web ini, silakan klik menu DAFTAR di halaman depan untuk mendownloadnya. Bagi Anda yang sudah pernah mendaftarkan layanan informasi pembayaran tagihan via email, tidak perlu lagi mendaftar ulang. Kami akan mengirimkan Username dan Password layanan LISS ini ke alamat email Anda. Selanjutnya Anda dapat mengubah Password sesuai keinginan melalui website kami ini.
  3. Loginlah ke layanan LISS sesuai dengan UserName dan Password yang sudah Anda miliki. Bila Login Anda berhasil, akan muncul pilihan menu baru.
  4. Bagaimana mengetahui kode Supplier saya di Suzuya?
  5. Kode Supplier yang akan menjadi Username Anda adalah kode 5 digit huruf atau angka yang tercantum di atas atau di sebelah Nama Perusahaan Anda pada PO ( Purchase Order ).
  6. Apa saja isi menu yang ada dalam LISS ini?
  7. menuliss
  8. Menu Umum terdiri dari:
    • HOME : halaman utama LISS.
    • ABOUT : informasi umum layanan LISS.
    • CONTACT : menu untuk menghubungi atau mengirim pesan kepada kami. Bila Anda memiliki pertanyaan atau masukan, termasuk informasi gangguan atau error pada layanan LISS mohon hubungi kami melalui menu ini.
    • KONFIRMASI : menu untuk melakukan konfirmasi pembayaran atau transfer ke kami, seperti kerjasama promosi, gondola, listing fee, rafaksi, insentif, dsb.
    • HELP : informasi dan petunjuk penggunaan layanan LISS, yaitu halaman yang sedang Anda baca :-)
  9. Menu Khusus ( setelah Login ) terdiri dari:
    • USER -> View / Edit : menu untuk menampilkan informasi data yang Anda daftarkan pada layanan LISS, termasuk menu untuk melakukan perubahan data Anda.
    • DATA -> Outlet: informasi kode Outlet/Cabang toko kami.
    • PO -> Search PO Online: menu untuk mencari PO terbaru, dengan kriteria Tanggal PO dan atau Nomor PO dan atau Status Lihat.
    • AP -> Search AP Payment: menu untuk mencari data pembayaran tagihan, dengan kriteria Tanggal Pembayaran dan atau Nomor BTTT.
    • AP -> Sales Concession: menu untuk laporan penjualan Konsesi per periode.
    • LOGOUT : menu untuk keluar dari LISS. Setiap selesai menggunakan layanan LISS ini mohon melakukan LOGOUT untuk mencegah penyalahgunaan akses oleh pihak lain.
  10. Link Menu Tambahan ( setelah Login ) terdiri dari:
    • Tanggal Last AP : klik link menu ini untuk melakukan pencarian AP Payment berdasarkan Tanggal AP terakhir tersebut. Angka pertama di sebelah Last AP menunjukkan Jumlah nomor AP yang sudah dilihat dan angka berikutnya menunjukkan Jumlah Total nomor AP pada tanggal tersebut.
    • Tanggal Last PO : klik link menu ini untuk melakukan pencarian PO Online berdasarkan Tanggal PO terakhir tersebut. Angka pertama di sebelah Last PO menunjukkan Jumlah nomor PO yang sudah dilihat dan angka berikutnya menunjukkan Jumlah Total nomor PO pada tanggal tersebut.
    • Tombol Refresh : klik menu ini untuk refresh data terakhir Last AP dan Last PO tersebut di atas.
  11. KEMBALI KE ATAS

  12. Bagaimana kalau saya lupa UserName atau Password?
  13. Username Anda adalah sesuai 5 digit kode Supplier Anda di sistem kami. Anda dapat melihatnya di PO ( Purchase Order ) kami, pada bagian di atas atau di sebelah Nama Perusahaan Anda.
  14. Bila Anda lupa password, silakan klik menu link LUPA PASSWORD dan ikuti petunjuk di layar. Kami akan mengirimkan email berisi link untuk mereset password, bila data yang diisi sesuai dengan data di sistem kami. Silakan cek email dari kami ( pada folder INBOX atau folder SPAM di email client Anda) dan klik link yang disertakan ( mohon pastikan email tersebut berasal dari kami dan status link mengarah ke alamat situs LISS ini). Selanjutnya isi Username Anda dan kami akan mengirimkan email berisi Password baru ke alamat email Anda yang ada dalam data sistem LISS kami.
  15. Mengapa akun saya diblokir? Bagaimana solusinya?
  16. Bila Anda SALAH memasukkan password 5 kali atau lebih maka sistem kami akan langsung memblokir akun tsb untuk mencegah penyalahgunaan. Silakan Anda mengunakan menu link LUPA PASSWORD untuk mereset password dan mendapatkan password baru ( silakan ikuti petunjuk terkait di layar ).
  17. Saya menggunakan brower Internet Explorer, kenapa tampilan menunya berantakan dan tidak rapi?
  18. Silakan Anda upgrade browser Internet Explorer Anda ke versi 8 atau yang lebih baru atau Anda dapat menggunakan browser Mozilla Firefox atau Chrome. Pastikan browser Anda selalu terupdate. Kami sudah mencoba ketiga jenis browser tersebut dan menu LISS tampil dengan rapi. Kami juga sudah mencobanya di iPad dan Galaxy S4, tampilan web bagus dan rapi.
  19. Saat proses pencarian data pembayaran atau PO, muncul error 'Timeout' atau error lainnya. Bagaimana solusinya?
  20. Ada beberapa kemungkinan penyebab munculnya error tersebut.
    • Kemungkinan proses berjalan terlalu lama karena data yang diproses cukup banyak. Silakan pilih range TGL DARI - S/D yang lebih kecil misalnya 7 atau 10 hari.
    • Kemungkinan pada saat bersamaan banyak User yang mengakses LISS, sehingga server kami menjadi lebih lambat. Silakan Anda mencobanya kembali ( Refresh - Tombol F5 ) atau mencobanya beberapa waktu kemudian.
    • Kemungkinan ada gangguan koneksi internet ke server kami. Silakan ulangi kembali atau mencobanya beberapa waktu kemudian, atau cobalah menggunakan koneksi internet yang lain.
    • Kemungkinan ada bug pada aplikasi, dsb. Mohon bantuan Anda untuk melaporkannya kepada kami (Webmaster) dengan mencantumkan informasi pesan error dan info lainnya, melalui halaman CONTACT. Terima kasih.
  21. Kapan data diupdate? Kenapa data yang sebelumnya ada tiba-tiba menghilang?
  22. Data Pembayaran dan Status Receiving kami perbaharui/update setiap hari kerja sekitar pukul 07.00 s/d 08.00 pagi. Pada saat proses update berlangsung, kemungkinan proses pencarian tidak berjalan dengan baik dan hasilnya tidak sesuai. Mohon Anda melakukan pencarian atau mencobanya di luar waktu proses update. Data PO diupdate tergantung posting/upload oleh MD/Buyer kami. Bisa diupload langsung dalam 5 menit setelah PO selesai dibuka atau lebih dari satu hari kerja, tergantung MD/Buyer terkait. Silakan periksa email Anda secara berkala untuk mendapatkan informasi PO terbaru yang dikirimkan sistem kami setelah proses upload oleh MD/Buyer selesai. Atau Anda dapat menghubungi langsung MD/Buyer kami.
  23. Data pembayaran dan PO yang tersedia hanya untuk transaksi 60 hari terakhir. Sebaiknya Anda menyimpan hasil pencarian atau perincian pembayaran atau PO yang sudah Anda lihat atau cetak ke dalam bentuk file ( pdf ) sebagai arsip agar dapat dilihat kembali kapan saja diperlukan.
  24. KEMBALI KE ATAS

    Informasi Pembayaran

  25. Bagaimana cara melakukan pencarian data pembayaran?
  26. Setelah Login berhasil, Anda dapat mengakses menu AP->Search AP Payment.
  27. Anda dapat memilih pencarian berdasarkan Tanggal Pembayaran dan atau No BTTT. Maksimal Tgl Pembayaran adalah 60 hari terakhir. Namun sebaiknya pilih range periode yang lebih kecil misalnya 7 atau 10 hari ( pengisian TGL DARI - S/D ) agar proses lebih cepat dan menghindari error, khususnya bagi Supplier yang transaksinya cukup banyak, banyak omsetnya :-). Anda dapat mengisi No BTTT secara penuh, sebagian atau dikosongkan, yang berarti semua nomor BTTT.
  28. Bila pencarian berhasil atau Data ada, maka akan ditampilkan rangkuman pembayaran termasuk nomor AP Payment sesuai kriteria pencarian. Silakan klik No AP Payment ( ditandai dengan warna tulisan yang berbeda dan ada garis bawah ) untuk melihat detail pembayaran.
  29. Selanjutnya akan muncul window baru berisi data Perincian atau detail pembayaran AP Payment. Satu No AP Payment dapat berisi lebih dari satu Invoice Claim/No BTTT, dan Invoice Claim/BTTT dapat berisi lebih dari satu Receiving/Penerimaan Barang atau Retur atau Penyesuaian.
  30. Data perincian pembayaran ini dapat Anda cetak ke printer sesuai keinginan atau disimpan dalam bentuk file (pdf) dengan cara klik icon SAVE atau FILE->SAVE AS atau klik kanan SAVE AS ( silakan lihat petunjuk penggunaan browser Anda ).
  31. Penomoran/Kodefikasi :
    • Penomoran dokumen kami menggunakan format KODE_OUTLET.KODE_TRANSAKSI_dst...
    • Daftar kode outlet kami dapat dilihat di menu DATA->OUTLET.
    • Kode Transaksi antara lain: AP = Pembayaran, OP = Invoice Claim/BTTT, KB = Invoice Claim/Penjualan Konsesi, RC = Receiving, PR = Purchase Return.
    • Untuk melihat contoh pembacaan perincian AP Payment, silakan klik link "Petunjuk Baca Perincian Pembayaran" yang ada di sebelah tombol CARI pada menu AP->Search AP Payment
  32. Apa maksudnya TITIP atau GABUNG BAYAR?
  33. Untuk Supplier yang memiliki lebih dari satu Kode Supplier, terkadang kami melakukan pembayaran secara GABUNGAN atau TITIP ke salah satu kode Supplier saja. ( Adjustment positif ). Untuk mengetahui perincian pembayaran Titipan tersebut silakan Anda mencarinya pada kode Supplier Asal ( yang menitipkan ). Misalnya, tagihan kode supplier A001 dititipkan/digabungkan ke kode supplier A200 sebagai GABUNG/TITIP maka pada perincian pembayaran kode A200 ada baris 'Gabung/Titip Bayar' yang perincian pembayarannya dapat dicari di kode supplier A001.
  34. KEMBALI KE ATAS

    Informasi PO

  35. Bagaimana cara melakukan pencarian data PO Online?
  36. Setelah Login berhasil, Anda dapat mengakses menu PO->Search PO Online.
  37. Anda dapat memilih pencarian berdasarkan Tanggal PO dan atau Nomor PO dan atau Status Lihat PO. Maksimal Tgl PO adalah 60 hari terakhir. Namun sebaiknya pilih range periode yang lebih kecil misalnya 7 atau 10 hari ( pengisian TGL DARI - S/D ) agar proses lebih cepat dan menghindari error, khususnya bagi Supplier yang POnya cukup banyak, banyak orderan :-). Anda dapat mengisi Nomor PO secara penuh, sebagian atau dikosongkan, yang berarti semua nomor PO. Anda dapat memilih pencarian Status Lihat PO dengan kriteria Tampilkan Semua, atau Hanya PO yang Belum Anda buka/lihat, Hanya PO yang Sudah dilihat/Viewed atau yg Terlewatkan ( Belum dibuka/dilihat hingga PO Expired ).
  38. Bila pencarian berhasil atau Data ada, maka akan ditampilkan daftar PO sesuai kriteria pencarian. Silakan klik Nomor PO ( ditandai dengan warna tulisan yang berbeda dan ada garis bawah ) untuk melihat detail PO.
  39. Selanjutnya akan muncul window baru berisi data form PO. Silakan cetak PO tersebut rangkap dua pada kertas ukuran LETTER, rangkap pertama/Asli untuk Supplier setelah ditandatangani Gudang/Receiving Suzuya dan rangkap kedua/Copy untuk pertinggal Gudang/Receiving Suzuya.
  40. PO yang sudah Anda lihat/buka dapat dilihat informasinya pada kolom Waktu Lihat. Demikian juga Status dan nilai Receiving kami atas PO tersebut dapat dilihat pada kolom Tgl Receiving, Nomor Receiving dan Nilai Receiving. Status PO yang sudah CLOSE ( Sudah ada Receiving oleh Suzuya ) atau EXPIRED ( Lewat waktu tanpa Receiving oleh Suzuya ) TIDAK BERLAKU lagi dan mohon PO tersebut tidak diproses lagi.
  41. KEMBALI KE ATAS


PERHATIAN:

Data yang ditampilkan di situs ini berdasarkan konversi atau salinan dari data server induk (Data AP: 1 - 2 hari kerja sebelumnya). Apabila ada perbedaan data maka yang menjadi acuan final adalah data server induk atau arsip bukti tercetak atau berdasarkan hasil pemeriksaan ulang.

Best viewed with Firefox 10+ or Chrome (1280x800)